Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Di mana WhatsApp menyimpan percakapan?

 
WhatsApp

Di mana WhatsApp menyimpan percakapan?

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan seluler yang paling banyak penggunanya. Ini juga tidak berfungsi seperti Telegram atau Skype. Sebenarnya, WhatsApp bekerja seperti Sinyal yang juga mengambil algoritma enkripsinya.

Artinya, saat kita berganti perangkat, obrolan tidak lagi ada karena tidak disimpan di luar ponsel.
Berbeda ketika kita membuat cadangan, meskipun kita sudah akan membicarakan hal lain. Jadi jika obrolan WhatsApp tidak dipertahankan saat kita mengganti ponsel, itu karena seharusnya hanya ada di dalam perangkat kita sendiri.

Pertanyaan yang muncul dari ini adalah, dan di mana Anda menyimpannya? Jadi kami akan mencoba menjelaskan kepada Anda, di mana WhatsApp menyimpan percakapan di dalam ponsel.

WhatsApp menyimpan obrolan di ponsel Anda

Seperti yang telah kami katakan, satu-satunya cara untuk "mendapatkan" pesan WhatsApp dari ponsel adalah melalui cadangan yang disimpan di cloud, karena jika tidak, salinannya tetap internal.

WhatsApp menggunakan Google Drive untuk menyimpan salinan eksternal, sehingga ketika mengganti ponsel,anda dapat memulihkan versi terbaru (sebaiknya perbarui salinan sebelum mengganti ponsel) sehingga semuanya tetap di tempatnya.

Tetapi selama pencadangan ini tidak terjadi, WhatsApp menyimpan semuanya secara lokal. Karena selama pengiriman itu memang melalui server mereka, secara logis, sebagai switchboard telepon yang menghubungkan beberapa pengguna dengan yang lain.

Dengan demikian, obrolan disimpan di dalam telepon dan dapat memberi tahu Anda rute yang tepat. Agar Anda dapat melihatnya sendiri, Anda memerlukan file explorer yang terinstal di ponsel seperti Google Files atau sejenisnya.

Dalam contoh kami, kami akan menggunakan Google Files atau 'Google Files', yang diinstal secara default di Google Pixel 5 kami. Buka saja untuk melihat pohon direktori sistem dan dari sana kami dapat mulai menjelajah. Kami menandai folder yang akan tuju:
  • Penyimpanan internal
  • Android
  • com.whatsapp
  • whatsapp
  • Database
Pada  folder 'Databases' setelah mengikuti alur yang telah kami tunjukkan dan kami menemukan daftar file, yang masing-masing mewakili database.

Salinan yang diperbarui WhatsApp setiap hari hingga pindah ke yang berikutnya, dan salinan inilah yang kemudian diekspor ke server eksternal jika disimpan di Google Drive.

Anda akan melihat bahwa hanya beberapa hari yang disimpan, dan itu adalah bahwa WhatsApp menghilangkan file terlama sehingga tidak memakan memori internal ponsel kita.

Obrolan teks dan file lain (gambar, video, audio, stiker) disimpan secara terpisah.Tapi di sini hanya obrolan, teks dari setiap percakapan. Untuk mencari sisa file yang kita tukarkan dengan WhatsApp kita harus kembali ke folder sebelumnya, ke WhatsApp, lalu mengakses Media.

Di sana kita dapat melihat animasi gif, gambar, video, file audio, catatan suara, dokumen, dan bahkan foto profil. Dan ya, juga stikernya. Meskipun beberapa folder ini mudah diakses dari aplikasi ponsel lain seperti Foto Google.

Jadi, Anda sudah tahu di mana obrolan WhatsApp disimpan. Dalam ponsel kita sehingga hanya kita yang memiliki akses ke sana. Dan ketika mereka meninggalkan ponsel untuk melakukan perjalanan ke cloud, mereka juga disimpan dengan pengguna sehingga dilindungi dari akses yang tidak diinginkan.

Post a Comment for "Di mana WhatsApp menyimpan percakapan?"